Minggu, 21 September 2014

Evaluasi Sterilisasi dan Pengenalan Peralatan Mikrobiologi

Diposting oleh Unknown di 06.53
Evaluasi Sterilisasi dan Pengenalan Peralatan Mikrobiologi

1.     Mengapa jika akan memulai pekerjaan di bidang mikrobiologi semua peralatan dan medium harus dalam keadaan steril ?
Semua peralatan dan medium harus dalam keadaan steril pada saat memulai perkerjaan di bidang mikrobiologi karena dalam bidang mikrobiologi sangat erat hubungannya dengan bakteri/jamur, oleh karena itu agar tidak terjadi kontaminasi pada sampel yang diujikan maupun alat-alat yang akan gunakan, oleh karena itu harus steril.

2.   Jika akan mensterilkan alat-alat gelas, apa yang saudara lakukan ?
Mensterilkan alat-alat gelas seperti cawan petri, tabung reaksi, dan alat-alat gelas lainnya biasanya menggunakan sterilisasi kering dengan uap panas, yang menggunakan alat oven, keuntungan dari pemanas kering adalah tidak adanya uap air yang membasahi bahan atau alat yang disterilkan.

3.   Apa yang dimaksud dengan kontaminasi, aseptis dan steril ?
- Kontaminasi : Pengotoran permukaan tubuh atau benda-benda oleh suatu bibit penyakit karena adanya suatu mikroorganisme yang diakibatkan tidak sterilnya.
- Aseptis : Suatu sistem cara bekerja yang menjaga sterilisasi ketika menangani pengulturan mikroorganisme untuk mencegah kontaminasi terhadap kultur mikroorganisme yang diinginkan
- Steril : Suatu alat atau bahan/medium yang bebas dari mikroorganisme.

4.   Jelaskan prosedur penggunaan alat sterilisasi berupa oven ?
Untuk sterilisasi menggunakan oven, sebagai contoh cawan petri yang ingin di sterilkan maka sebum cawan petri dimasukan kedalam oven, cawan petri harus dibungkus dahulu dengan kertas, setelah pembungkusan selesai, masukan ke dalam oven dan naikkan suhu oven sekitar 160 derajat Celcius kira-kira selama kurang lebih dua jam

5.   Mengapa jika akan mensterilisasi medium di autoklaf, Erlenmeyer tempat menyimpan medium harus ditutup dengan kapas dan kertas ?
- Mensterilkan medium di autoclaf karena alat-alat yang akan disterilkan tersebut tidak tahan terhadap panas, dan juga agar alat kaca tidak mudah pecah akibat suhu yang terlalu tinggi dan terlalu panas.
- Medium yang disimpan di erlenmeyer harus ditutup dengan kapas dan kertas agar mendium tersebut tidak tekontaminasi oleh bakteri dari luar dan uap air agar tidak masuk kedalam erlenmeyer.



Artikel Terkait
Luangin waktumu untuk Share this article with your friends
Comments
0 Comments

0 komentar:

Posting Komentar

Terimakasih telah meluagkan waktunya untuk berkomentar.

 

Born This Way Copyright © 2012 Design by ASTIE AFRIANI Astie Afriani Puspadewi