Minggu, 17 Januari 2016

Inilah Manusia abu-abu

Diposting oleh Unknown di 13.36
Saya percaya bahwa semua yang ada di dunia ini relatif, sama seperti yang diungkapkan Einstein lewat Teori Relativitasnya.
Buat saya, relativitas hidup itu luas, tak hanya bicara soal massa diam dan massa bergerak.

Semua relatif, bergantung dari sudut mana kita memandangnya.


Di dunia ini ada berjuta warna, tapi ada dua yang sangat populer: hitam dan putih. Seperti berjalan di atas zebra cross, manusia melalui hitam-putih secara bergantian.
Saya pun percaya bahwa tak ada seseorang yang selamanya berwarna putih atau selamanya berwarna hitam, seperti halnya saya percaya bahwa protagonis bisa menjadi antagonis dalam waktu yang bersamaan.

Semua manusia berada pada gradasi hitam dan putih, kita adalah abu. Semua manusia lahir dengan kesempatan yang sama, dengan warna abu yang setimbang: 50% putih dan 50% hitam. Semua manusia punya potensi yang sama untuk masuk surga atau neraka. Tak ada seorang pun yang murni putih atau hitam, yang ada hanyalah abu yang lebih mendekati hitam atau lebih mendekati putih.

Baik-baik ataupun bukan baik-baik hanyalah pencitraan. Sedangkan baik-buruk adalah pilihan, toh semua semua punya kesempatan untuk memilih, abu tua kah atau abu muda kah ia.

Adalah suatu hal yang picik ketika kita menuding bahwa seseorang tak pantas mendapatkan sesuatu hanya karena hitam dan putih.


Tapi hei, lihatlah pada penjuru dunia yang teramat luas ini. Kamu sadar bahwa sedari tadi kita masih melintas di atas zebra cross yang membuat hitam dan putih saling berselang? Padahal, di luar sana masih banyak warna lain yang lebih indah, seperti pelangi yang menggambar langit ketika hujan baru selesai menderas.

Manusia adalah abu. Namun lebih indah jika kita mewarnainya.

Bandung, 1 Juni 2009. Ditulis ulang dengan revisi.

Artikel Terkait
Luangin waktumu untuk Share this article with your friends
Comments
0 Comments

0 komentar:

Posting Komentar

Terimakasih telah meluagkan waktunya untuk berkomentar.

 

Born This Way Copyright © 2012 Design by ASTIE AFRIANI Astie Afriani Puspadewi