Rabu, 20 Januari 2016

MANAJEMEN WIRAUSAHA FARMASI LAPORAN HASIL STUDY

Diposting oleh Unknown di 08.10
TUGAS INDIVIDU
MANAJEMEN WIRAUSAHA FARMASI
LAPORAN HASIL STUDY


Astie Afriani
(1304015078)

Dosen:
RILMAN RUSLI



FAKULTAS FARMASI DAN SAINS
UNIVERSITAS MUHAMMADIYAH PROF. DR. HAMKA
JAKARTA
2015

CITA – CITA ANDA


1.      Usaha yang dipilih            : Penjualan Puding
2.      Alasan Memilih Usaha      :
Pada saat ini banyak orang yang ingin membuat acara atau kegiatan secara simpel dan efisien. Puding merupakan makanan yang sangat cocok untuk waktu santai, dapat juga sebagai makanan penunda lapar dan makanan ini rasanya manis. Hampir semua kalangan meyukai makanan ini. puding juga sangat bagus untuk kesehatan. Selain itu alasan utama memilih coklat karena banyak masayarakat yang menyukai coklat baik dari kalangan anak-anak hingga kalangan orang dewasa.  Sehingga pemasaran produkpun akan lebih mudah untuk dijangkau dan ditawarkan kepada konsumen.
Usaha pudding bergerak dibidang cemilan sehat. Memilih bidang makanan sehat atau puding karena usaha ini lah dapat memenuhi kebutuhan bahkan berlebih. Modal yang dikeluarkan pun tidak begitu banyak, namun keuntungan yang diperoleh bisa saja lebih dari cukup dari modal yang dikeluarkan. Usaha puding seperti ini saya fikir sangat membantu untuk awal usaha dan walaupun terbilang banyak pesaingnya.
Alasan lainnya berdasarkan sumber insprasi, kegemaran, minat dan hobi mengkonsumsi pudding buatan sendiri mendorong untuk tertarik menjadikannya usaha kecil. Modal awalpun cukup minim (tidak membutuhkan modal besar) untuk mencoba usaha individu, selain saya terbiasa dan hobi membuat dan mengkonsumsi pudding, ini menjadi kemudahan dalam memproduksinya.




HASIL STUDY LAPANGAN

1.      Judul                     : Aneka Puding Mini Mendatangkan Banyak Rezeki
2.      Sumber                  : Tabloid Nova (kemudian ditayangkan di salah satu stasiun
  televisi swasta (ElshintaTV)).
3.      Latar Belakang      :
Puding mini, mengawali kesuksesan berbisnis memang bisa dimulai dari sebuah kegemaran. Hal inilah yang melatar belakangi Lani seorang ibu rumah tangga yang tinggal di daerah Meruya, Jakarta Barat untuk mengawali bisnis aneka puding mini dengan varian rasa yang inovatif.
Mengusung nama Sweet Mom Mini Pudding, Lani berusaha menampilkan sesuatu yang baru bagi calon konsumennya. Jika biasanya aneka puding dipasarkan dalam bentuk standar sesuai dengan ukuran loyang yang digunakan, Lani mencoba memasarkan puding mini dengan bentuk, warna, serta rasa yang sangat bervariasi.
Kegemarannya akan puding, mendorong ibu rumah tangga ini tertarik untuk membuatnya sendiri dengan mengganti bahan susu menggunakan bahan santan. Inovasi ini ternyata disenangi rekan-rekan dekatnya, sehingga Ia termotivasi untuk menjadikannya sebagai peluang usaha baru yang cukup menjanjikan.
4.      Kesulitan yang di alami
Disamping mendapatkan banyak keuntungan, ada beberapa resiko yang sering dihadapi para pelaku usaha puding. Misalnya saja seperti daya tahan puding yang tidak lama, membuat para produsen harus pintar-pintar mengatur kapasitas produksi sesuai dengan permintaan konsumen setiap harinya. Biasanya puding bisa bertahan hingga 1 minggu lamanya di lemari pendingin dan hanya bertahan selama dua hari di ruangan terbuka. Karena itu untuk mengurangi resiko kerugian yang disebabkan banyaknya puding yang tersisa, sebisa mungkin sesuaikan kapasitas produksi dengan naik turunnya permintaan pasar.
5.      Kondisi usahanya setelah beberapa tahun menjalankan usaha
Sampai ditahun ini, usahanya sudah berkembang. Produk rumahan sweet mom mini pudding ini dapat dipesan secara online dan memiliki toko dengan 2 cabang yang tersebar dijakarta.
6.      Kendala yang dialami dalam mengembangkan usahanya
Resiko lainnya yang sering dihadapi para pelaku usaha yaitu persaingan pasar yang cukup ketat. Sekarang ini jumlah produsen puding di berbagai daerah sudah cukup banyak, karena itu ciptakan inovasi baru untuk memberikan nilai lebih kepada calon konsumen.


KESIMPULAN
1.      Bagaimana pendapat anda tentang sumber usaha tersebut?
Menurut saya, proses produksi aneka puding terbilang sangat mudah dan murah, karenanya siapa saja bisa menjalankan peluang usaha tersebut dengan modal minim dan memanfaatkan peralatan yang ada di dapur rumahnya. Bahan baku pembuatan puding juga cukup mudah ditemukan dipasaran, sehingga persediaannya bisa dipenuhi setiap saat dibutuhkan. Selain itu, mengkonsumsi puding setiap harinya ternyata memberikan dampak positif bagi pencernaan para konsumen. Sehingga para pakar kesehatan menganjurkan masyarakat luas untuk memperbanyak makanan berserat, salah satunya melalui aneka olahan agar-agar atau puding.
2.      Setelah mempelajari, bagaimana anda keputusan untuk membuat usaha yang sama?

Menurut saya, saya akan mencoba usaha tersebut apapun hasilnya nanti. Yang menjadi kunci kesuksesan dalam menjalankan usaha puding adalah kreativitas dan kualitas rasa puding yang tawarkan kepada para konsumen. Membuat suatu inovasi baru yang bisa menarik perhatian masyarakat, sehingga puding yang  yang ciptakan berhasil diterima pasar dan diminati para konsumen. Misalnya saja dengan menciptakan produk puding kombinasi yang memiliki cita rasa lezat dengan bentuk yang unik dan menarik. Melalui inovasi-inovasi tersebut, bisa menarik perhatian konsumen sebanyak-banyaknya dan kemungkinan akan mendatangkan keuntungan sebesar-sebesarnya.
Artikel Terkait
Luangin waktumu untuk Share this article with your friends
Comments
0 Comments

0 komentar:

Posting Komentar

Terimakasih telah meluagkan waktunya untuk berkomentar.

 

Born This Way Copyright © 2012 Design by ASTIE AFRIANI Astie Afriani Puspadewi