Minggu, 27 April 2014

Langkah Emas Untuk Bersyukur

Diposting oleh Unknown di 02.34
Empat poin di bawah ini merupakan kutipan dari buku The Magic karya penulis terkenal dunia, Rhonda Bryne tentang caranya mengisi waktu dua puluh delapan hari melalui rasa syukur Lewat empat langkah praktis di bawah, Anda dapat membandingkan sendiri nantinya—apa saja hal yang Anda syukuri saat itu akan kembali berbalik kepada si pengucap syukur itu sendiri, yaitu :
 Ten thanks a day—sepuluh ucapan rasa terima kasih setiap harinya 
Dikisahkan dalam sebuah cerita yang ditulis Rhonda pada situsnya, seorang pemuda sedang mencari pekerjaan untuk menghidupi dirinya sendiri.
Namun bukannya mendapat pekerjaan dengan mudah sesuai dengan keinginannya, pemuda ini malah mendapat ‘kesialan’ bertubi-tubi. Neneknya wafat, sehingga ia harus hidup dengan menanggung biaya kontrakan rumah yang mesti ia bayar untuk beberapa bulan ke depan. Belum lagi rupanya kekasih sang pemuda memintanya untuk memutuskan hubungan mereka tanpa alasan yang jelas.
Saat itu merupakan kurun waktu dua bulan terburuk menurut si pemuda tersebut. Namun ia tak mau menyerah begitu saja. Diambilnya sebuah buku dari dalam ransel coklatnya, lalu ia menuliskan sepuluh hal dapat yang ia syukuri saat itu. Mencarinya tidaklah terlalu pelik, ia cukup mengingat kepada siapa saja dan apa saja ia berterima kasih di hari itu.
Saat itu anjing peliharaannya baru saja sembuh dari penyakit mematikan, dan tetangganya baru saja mengirimkannya beberapa potong kue pai. Maka dua ucapan terima kasih pertama pun ia berikan pada sang dokter serta tetangganya tersebut. Tiap ucapan terima kasih yang telah ia tulis dibacanya kembali saat malam harinya. Tak hanya itu, ia pun menambahkan ucapan terima kasih kepada pacarnya yang telah bersikap baik padanya selama ini, serta layanan internet dari komputer tuanya yang masih dapat ia pakai hingga saat itu.
Apa yang terjadi usai dua hari berselang? Di rumah sakit hewan yang sama saat ia akan menjemput peliharaannya, pemuda tadi berhasil berkenalan dengan seorang gadis manis dan mengobrol banyak dengan gadis tersebut. Saat berjalan pulang ke rumahnya, ia menemukan uang sebesar seribu dolar dalam amplop dekat shelter—dan saat akan mengirimkan kue sebagai tanda balas terima kasih pada tetangganya, rupanya saat itu pula tetangganya mengabarkan padanya tentang pekerjaan bagus yang mungkin akan cocok untuknya. Ia pun mengirimkan lamaran ke tempat tersebut, dan lamarannya diterima dalam waktu kurang dari seminggu.
Anda pun dapat membuktikan sendiri keajaiban dari kebiasaan mengucapkan sepuluh terima kasih setiap harinya. Setiap malam sebelum tidur, coba ingat-ingat kembali hal, kejadian, atau seseorang yang patut Anda ucapkan terima kasih. Tuliskan dalam sebuah buku, beserta alasan mengapa Anda berterima kasih pada hal tersebut. Setelah selesai, baca kembali secara lambat laun seraya mengingat hal tersebut. Baca dan rasakan kembali sepuluh syukur terakhir sebelum Anda mulai menulis sepuluh syukur yang baru di hari berikutnya. Lihat dan rasakan sendiri bagaimana hidup Anda akan berubah seiring kebiasaan tersebut berjalan dari hari ke hari.
 Seratus langkah ajaib saat memulai hari Anda 
Einstein pernah berkata bahwa ia memiliki satu kebiasaan sedari kecil. Kebiasaan itu adalah mengucapkan ‘terima kasih’ di tiap seratus langkah pertamanya, mulai saat bangun tidur hingga saat akan berangkat ke luar mansion saudaranya, setiap harinya.
Kita sering kali merasa sibuk di pagi hari, menyibukkan pikiran dengan hal-hal negatif serupa ‘kewajiban’ yang menjadikan diri merasa terkekang, memulai pagi hari dengan rasa sedikit kesal. Mengapa tidak, menggantikan kebiasaan pagi tersebut dengan mengucap ‘terima kasih’ atas apa yang kita rasakan saat itu?
Terima kasih atas satu hari lagi waktu yang diberikan Tuhan kepada kita. Terima kasih atas kedua tungkai yang mampu berjalan dan menopang tubuh dengan sempurna. Tak usah sibukkan diri dengan jumlah seratus kata tersebut, cukup ucapkan saja hingga kita tiba di tempat kerja. Selain dapat membangkitkan mood positif untuk memulai hari, kebiasaan tak ternilai ini pun akan menjadikan Anda menemukan hal-hal positif baru dalam hidup sesuai dengan apa yang telah Anda syukuri.
 Pay and say thanks 
Kebanyakan dari kita memiliki satu atau dua masalah dalam hal keuangan. Dana yang tak cukup untuk memenuhi keinginan, memulai suatu rencana, bahkan mungkin untuk kebutuhan sehari-hari. Dalam buku ini, Rhonda mengajak Anda untuk melakukan hal sebaliknya dari mengeluh tentang uang yang tak cukup tersebut, yakni berterima kasih tiap kali akan membayar.
Setiap barang dan jasa yang kita miliki atau kita tukar dengan uang adalah buah karya dari seseorang. Mereka secara tak langsung telah melakukan sesuatu kepada kita, berkontribusi untuk kehidupan kita. Oleh sebab itu, tiap kali kita akan membayar jasa mereka, ucapkan ‘terima kasih’ dengan rasa tulus pada mereka. Hindari rasa kesal saat akan membayar tagihan. Sebaliknya, ucapkan terima kasih karena mereka telah melakukan sesuatu untuk kita.
Untuk tagihan yang belum dapat dibayar, siapkan secarik kertas dalam sebuah amplop dan tuliskan ‘terima kasih atas uangnya’ sambil niatkan untuk membayar tagihan tersebut dan meletakkan uangnya di sana sebelum dibayarkan. Juga untuk berbagai pelayanan yang Anda temui setiap harinya, untuk mereka yang telah melayani kebutuhan Anda secara langsung, ucapkan terima kasih pada mereka semua.
 Mengubah masalah menjadi alasan untuk rasa syukur Anda 
Mungkin kedengarannya menggelikan di telinga, namun cukup menantang untuk dicoba. Rhonda menyebutnya dengan istilah polyanna—sebuah permainan untuk mengubah kata-kata menjadi makna yang berbeda. Kini, cobalah untuk mengubah makna masalah yang Anda temui di hari tersebut, yang cukup mengganggu pikiran Anda seharian itu. Satu peraturan khusus saat Anda bertekad untuk menyelesaikan perasaan Anda terkait satu masalah: hindari untuk mengeluh tentang apapun yang berkaitan dengan masalah ini.
Usai pulang ke rumah, temukan tempat yang tenang sementara tetap hindari untuk mengeluh barang satu kali pun. Tuliskan masalah tersebut, lalu hakimi dengan netral: apa-apa saja yang dapat saya syukuri dari peristiwa atau kejadian ini? Misalnya saja, saat ponsel Anda rusak dan Anda jadi tak bisa menghubungi siapapun selama seharian penuh melalui ponsel tersebut. Mungkin saja dengan rusaknya ponsel tadi, kesempatan untuk mengobrol dengan rekan kerja menjadi lebih banyak. Juga pekerjaan yang ada jadi lebih cepat diselesaikan. Tuliskan sepuluh hal yang dapat Anda syukuri dari masalah tersebut.
Anda akan menemukan perasaan lega serta hilangnya perasaan kesal atas masalah tadi, usai menulis dan membaca kembali hal-hal yang dapat disyukuri dari masalah yang Anda alami.
Demikian penjelasan mengenai empat langkah bersyukur dan mengucap terima kasih setiap harinya. Bila kebiasaan tersebut Anda jalani secara berkesinambungan, bukan tak mungkin hal-hal yang menjadi sumber negativitas sehari-hari kini dapat menjadi sumber inspirasi dan perasaan positif. Lakukan empat langkah tersebut untuk menyelingi kegiatan Anda setiap hari.
Selamat menjalani aktivitas, jangan lupa untuk tetap bersyukur di sela-sela aktivitas tersebut.



Artikel Terkait
Luangin waktumu untuk Share this article with your friends
Comments
0 Comments

0 komentar:

Posting Komentar

Terimakasih telah meluagkan waktunya untuk berkomentar.

 

Born This Way Copyright © 2012 Design by ASTIE AFRIANI Astie Afriani Puspadewi